ANALISIS PROTEIN METODE KJELDAHL PDF

Analisis protein dapat dilakukan dengan metode kualitatif dan metode kuantitatif. Metode Kjeldahl merupakan salah satu metode kuantitatif yang dapat. Analisis protein secara umum dilakukan dengan dua metode, yaitu kualitatif dan Kjeldahl digunakan untuk menganalisis kadar protein kasar dalam bahan. Crude protein content; Johan Kjeldahl () developed the basic process Protein analysis in foods has been mostly done by determining Nitrogen Content Metode ini digunakan untuk penetapan kadar protein dalam susu secara cepat .

Author: Faem Shaktizshura
Country: Russian Federation
Language: English (Spanish)
Genre: Music
Published (Last): 27 September 2013
Pages: 247
PDF File Size: 20.83 Mb
ePub File Size: 9.70 Mb
ISBN: 615-9-38334-898-5
Downloads: 26092
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Telrajas

Tabung reaksi 6 diisi dengan L BSA. Tabung reaksi 1 digunakan sebagai blangko. Hasil percobaan sesuai dengan teori bahwa semakin banyaknya volume NaCl, protein yang terlarut akan semakin banyak, sehingga nilai absorbansinya kecil.

Penentuan Protein Metode Bradford

Untuk menentu- kan kadar protein dari ekstrak protein. Panjang gelombang yang dapat dipakai dalam analisis protein Metode Bradford antara – nm.

Sedangkan metode biuret menggunakan panjang gelombang nm dengan larutan standar Bovine Serum Albumin BSA dalam berbagai variasi konsentrasi.

Penentuan Konsentrasi Protein SampelSebanyak tiga buah tabung reaksi yang bersih dan kering disiapkan dan diberi label.

Penentuan Protein Metode Bradford

Metode Penentuan Arah Kiblat Documents. Jika pemilihan panjang gelombang memiliki spektrum perubahan besar pada nilai absorbansi saat panjang gelombang sempit, maka apabila terjadi penyimpangan kecil pada cahaya yang masuk akan mengakibatkan kesalahan besar dalam pengukuran.

A rapid and sensitive method for the quantitation of microgram quantities of protein utilizing the principle of protein-dye bending. Sifat fisika dan kimia dari protein hampir sama dengan asam amino, monomernya.

  FUGA GEDALGE PDF

Reagen yang disimpan harus anaoisis terlebih dahulu sebelum digunakan Rosenberg Pada hasil percobaan analisis kadar protein suatu sampel dalam Tabel 2, nilai absorbansi terukur dari sampel digunakan untuk mencari konsentrasi proteinnya melalui kurva standar.

Analisis protein dengan metode Bradford menggunakan spektrofotometer Kemudian tabung reaksi 1 diisi dengan L NaCl.

Nilai ketepatan R yang didapatkan cukup besar dan mendekati 1, proteni sedikitnya kesalahan dalam praktikum. Data yang diperoleh sesuai dengan teori bahwa semakin besar konsentrasi protein, maka semakin tinggi nilai absorbansinya sehingga koefisien korelasi R yang didapatkan memiliki linearitas grafik yang sangat bagus, yakni 0.

Wilson K, J Walker. Dari persamaan tersebut, dapat diperoleh konsentrasi protein BSA dalam sampel. Protein adalah polimer biologi berbentuk rantai molekul panjang yang tersusun analisiis molekul-molekul kecil asam amino yang saling berikatan dengan ikatan peptida.

Semakin besar panjang gelombangnya maka akan semakin kecil nilai absorbansinya. Tabung reaksi 3 diisi L BSA. Principles and Techniques of Practical Biochemistry 5th edition.

Sebaiknya, protein yang diuji adalah protein yang memberikan nilai absorbansi mendekati kjelvahl sampel yang akan diujikan. Optimasi suhu dilakukan dengan metode uji aktivitas azokaseinolitik terhadap enzim ekstrak Documents.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin sedikit volume NaCl atau semakin banyak jumlah larutan BSA dalam campuran, jumlah protein yang terlarut akan semakin sedikit, sehingga nilai absorbansinya semakin besar.

Antara lain sebagai enzim, senyawa transport, protein kontraktil, protein regulator, katalisator, dan protein struktural. Penentuan kadar protein dilakukan berdasarkan metode Bradforddengan Published on Sep View Download Gugus pada asam amino tersebut dapat berupa senyawa aromatik, rantai panjang karbon, sulfida, amina, dan sebagainya Underwood Jumlah CBBG yang terikat pada protein proporsional dengan muatan positif yang ditemukan pada protein Stoscheck Penambahan NaCl menyebabkan nilai absorbansinya menurun atau semakin kecil, karena pengompleksan protein dan zat warna CBB dalam reagen Bradford akan semakin sedikit.

  BILL BUFORD AMONG THE THUGS PDF

Analisis kadar protein dan penentuan persen. Metode Lowry-Folin dilakukan untuk menganalisis protein terlarut dengan menggunakan spektrofotometer pada panjang gelombang nm Sumardji dalam Rahayu Selain itu metode Bradford lebih cepat dan akurat, melibatkan langkah-langkah pencampuran yang lebih sedikit, tidak memerlukan pemanasan, dan memberikan respon kolorimetri lebih stabil dibandingkan dengan metode lain John Sifat-sifat protein inilah yang menyebabkannya menjadi salah satu biomarker dalam penelitian.

SaranSebaiknya alat spektrofotometer disediakan lebih dari satu sehingga praktikan tidak menunggu lama untuk menggunakannya setelah menyiapkan sampel yang akan diukur absorbansinya. Metode ini kurang akurat untuk asam protein dasar dan kurang sensitif terhadap sampel yang memilliki kandungan protein rendah Bradford Asam amino yang dapat dianalisis adalah asam amino esensial, seperti asam amino dengan rantai samping aromatik tirosin, triptofan, dan fenilalanin atau bersifat basa arginin, histidin, dan leusin Stoscheck Analytical Biochemistry 18 4: Reagen harus disaring melalui Proteiin no.

BSA diencerkan terlebih dahulu dengan 4,5 ml akuades hingga volumenya 5 ml. Hasil pengukuran absorbansi deret standar protein metode Bradford pada panjang gelombang nm dapat dilihat di Tabel 1.

work_outlinePosted in Career